Selasa, 04 Desember 2012

tidak sama


Suatu hari di minggu minggu ini gue naik angkot menuju rumah dari kampus. Waktu itu memang udah cukup malam. Sekitar jam 9. Emang sih gue udah biasa naik angkot sendiri di malam hari, tapi reputasi angkot biru nomor 121 ini cukup buruk di mata papa, jadi dia ga capek-capeknya bilang hati-hati terus setiap gue pergi sendiri. Dan malam itu gue cukup beruntung, karena bisa langsung dapet angkot tanpa harus nunggu lama. 

Tapi...

Karena ga liat-liat dan buru buru masuk, pas udah di dalem gue baru sadar, ternyata isinya mayoritas laki-laki. Di pojok belakang ada 4 orang lelaki berbadan tegap, berkulit agak hitam dan nada bicaranya tegas lugas. Di depan pintu juga yang duduk mas mas berbadan kekar. Gue yang sendirian cukup ciut duduk di sana. Mana udah malem, takut aja diapa-apain. Jadilah sepanjang jalan bibir komat kamit ngucap istighfar. Ini gr sih, cuma kan waspada aja. 

Selama perjalanan si gerombolan pria tadi ngobrol. Temanya pun seram, mereka ngomongin penggunaan senjata, pistol ini itu, kan sereeeem~. Yaudah gue sih fokus aja sama diri sendiri. Pokoknya stigma negatif udah melekat banget lah sama mas mas ini, di mata gue mereka menyeramkan, bisa menyerang siapa saja. Tapi ternyataaa semua salah. Mereka semua ternyata baik banget. 

Jadi ada tiga anak perempuan yang kira-kira masih smp, nah mereka bertiga ini mau naik angkot kita. Tapi kursi yang kosong cuma dua. Akhirnya salah satu dari mas-mas menyeramkan tadi bilang "Naik aja mbak, kita udah mau turun kok". Dan tiga anak itu pun masuk. Terus masnya ubah posisi jadi setengah berdiri, dia keliatan kesulitan dengan posisi seperti itu karena badannya yang besar dan angkot yang kecil. Dan ternyata tempat dia mau turun itu masih jauh tapi dia ngebela-belain biar perempuan itu masuk. Baik yaaaa? 

Pas turun pun karena merasa badannya besar jadi susah buat keluar dari angkot, dia minta maaf sama penumpang yang merasa ga nyaman dengan adanya mereka. "Misi ya mas, mbak, sorry jadi sempit" diucapkan berulang-ulang. Ternyata mereka sopan banget. Gue yang merasa telah melabelkan diri mereka menjadi orang yang jahat jadi malu :"). Ini buat pelajaran buat gue, jangan pernah melihat sesuatu dari covernya aja, karena belum tentu isinya sama dengan apa yang kita pikirkan. 

.annisaauliajustmine

2 komentar:

  1. Hihi.. jangan-jangan si mas-mas kekar itu sebenarnya tentara tapi lagi gak pake seragam. Soalnya biasanya aparat keamanan itu kalau lagi di kendaraan umum terus tempat duduk penuh dan ada cewek berdiri seringnya mereka ngasih tempat duduknya :)

    BalasHapus
  2. Oooh jadi aparat keamanan tuh gitu yaa clar? Gue baru tau. Hahaha bisa jadi tuh. Baik banget yaa :")

    BalasHapus