Selasa, 11 Januari 2011

Daddy said


tadi siang gue ke kampus mau tanya-tanya tentang IRS gue yang gue rasa agak bermasalah karena banyak mata kuliah yang belom keluar di siak gue sementara di siak temen-temen gue udah pada keluar. gue panik karena kalo gue ga sesegera mungkin pilih mata kuliah otomatis gue bakal keabisan kelas karena udah diserbu sama yang lain. jadi gue baru milih mata kuliah yang wajib dulu. tadi pun pas lagi buka siak jam 9 nge lag banget. yaiyalah gimana ga ngelag? segitu banyak mahasiswa ui diseluruh bagian Indonesia bahkan dunia (kali aja lagi liburan) nge akses website yang sama gimana gajadi lemot tuh siak?

oke balik ke topik. sebenernya ip pertama gue sebagai mahasiswa baru di ui ga bisa dibilang bagus. dulu waktu sma gue selalu bilang 'ah apa susahnya sih dapet ip 4,00?' men, ngomong apa gue barusan? dapet ip 3,00 aja gue udah bangganya masyaAllah. eeeh malah bilang ip 4,00 itu gampang -,- kemakan omongan nih. apalagi gue denger-denger dijurusan gue buat dapetin ip 3 aja itu susaaah tapi gatau juga sih. nah sekarang prakteknya ip gue yah begitu deh kalo gue bilang sih kalo diliat dari ip gue gue ga termasuk anak yang pinteeeeer banget dan juga bukan anak yang bego bego amat. jadi ip gue segitu yang standart dan juga normal. tapi gue tau gue pasti bisa lebih dari itu. jadi gue rasa gue AMAT SANGAT BELUM MAKSIMAL di semester ini <- woy kok nyolot sih pake caps lock? sorry sorry napsu banget gue soalnya.

you know, gue ngerasa ga enak banget sama bokap nyokap gue. ga sanggup banget mau ngasih tau kabar yang amat sangat kurang menyenangkkan ini ke mereka. seperti yang pernah gue sampein dipostingan sebelum sebelumnya, masuk ui aja itu belum cukup tapi lo HARUS BISA SURVIVE DI UI. nah itu baru mantep. tapi nyatanya berat ya ternyata sodara sodara. setelah mengetahui hasil jerih payah meras keringat dan berjuang sekuat tenaga semangat 45 cuma ada 1 biji huruf A di siak gue, iya mpkt. gue cinta banget sama itu mata kuliah, temennya asik-asik, dosennya ajaib lagi bisa cenayang haha. sementara bagaimana dengan yang lai? bagaimana dengan mata kuliah sprache, pengantar linguistik, pengantar kebudayaan jerman, dan mpks komik? sudahlah jangan ditanya. (-,-)"

lalu tadi gue pulang kerumah pas sore-sore, terus gue dijemput didepan gerbang kotwis sama bokap. dimobil gue berusaha ngomong nyerempet-nyerempet dikit tentang ip gue. gue bilang di jerman itu susah lah ini lah itu lah. terus gue bilang gue kebanyakan ikut kepanitiaanlah, sakit mulu lah (baru semester 1 gue udah bolak balik rumah sakit berapa kali tuh), ngeluh mulu lah, yah banyak deh alesan yang gue kemukakan ke bokap dimobil tadi. tapi bokap gue selalu bilang 'ga adalah kak yang susah kalo kamu tekunin itu'. yayaya tapi tadi sih sepanjang jalan gue bantah kata-kata bokap gue terus, gue tetep kekeuh bilang 'susah pa, susah!'. sebenernya sih itu alibi, ah bukan alibi juga sih itu beneran, buat ngeluluhin hati bokap gue biar ngebolehin gue ikut simak lagi taun ini. soalnya awalnya bokap gue ga setuju kalo gue harus ikut simak lagi atau snmptn dan semacam itulah, apalagi nyoba utul ugm -,-

nah tadi abis sholat maghrib berjamaah dirumah disela-sela gue sama bokap ngaji, gue bilang ke bokap
gue: 'pa, kalo aku ambil sosiologi atau kesejahteraan sosial selain HI gimana ya pa?'
terus bokap gue bilang
si papa: 'apaan sih kak ambil begituan?, mendingan ambil aja akuntansi sekalian kak yang udah pasti bisa kepake sepanjang masa'

pokoknya panjang deh ngomongin beginian sama bokap gue, apalagi setelah gue bilang kelemahan gue adalah di numerik yang ngitung ngitung gitu. sampe akhirnya gue terdiam ngedenger statement dia yang bilang gini:

"kak, asal kamu tau ya. di dunia ini ga ada yang susah, ga ada yang sulit kalo kamu terus berusaha mencoba terus belajar, terus gali ilmu yang ada. coba kamu liat tuh para pelaut, para nelayan, emang mereka tau tiba-tiba tentang astronomi atau ilmu-ilmu perbintangan gitu? ya engga lah. mereka bisa tau karena mereka sering memperhatikan sekitar, mereka belajar sendiri dan cari ilmu pengetahuan itu sendiri sampai akhirnya sekarang ada lah ilmu mengenai hal itu. nah sekarang kamu bilang kamu lemah numerik, janganlah kamu langsung patah semangat dan ga mau nyentuh hal itu sama sekali karena kamu tau itu susah. itu salah, sampai kapanpun kamu bakal bodoh tentang hal itu, yang benar itu kamu harusnya cari jalan keluar biar kamu ga lemah disitu. yaitu dia kamu harus tekun, belajar terus, perdalam ilmu dibidang apapun itu. kalo kamu udah terapin itu, percaya sama papa, kamu pasti bisa jadi sukses. kamu tau jaman papa, mana ada orantua peduli sama pendidikan anaknya? yang mereka tau anaknya kerja, nyawah, ngangon sapi, dapet uang. bayangin dulu papa usaha sendiri biar bisa dapet pendidikan. sekarang kamu kak, ada papa mama yang selalu dukung kamu buat belajar, berusaha buat memenuhi fasilitas kamu buat belajar, yah berarti usaha dan hasilnya harusnya sih lebih besar dari apa yang udah papa raih sekarang. gitu ya kak. pokoknya tekun deh berusaha selalu cari tau apapun yang berhubungan dengan bidang itu. kamu pasti bisa dibidang apapun, dimanapun, kapanpun, kamu berada. Nah, sekarang di sastra jerman, masa kamu mau nyerah gitu aja tanpa perlawanan? Kamu pasti bisa kak, percaya deh. inget niat itu penting, kamu yakin bisa, pasti bisa"


rasanya setelah denger nasehat dari bokap gue barusan, gu jadi tambah ngerasa ga enak nih sama bokap nyokap gue karena udah ngasih mereka ip yang eeem yak kurang sangat maksimal. well karena gue rasa gue bisa lebih baik dari itu, sebenernya. tapi yaudahlah ya, yang lalu biar lalu, masih ada semester depan. yak gue bakal berjuang dan menunjukkan niat gue yang sebenar benarnya. tapi tetep amsih mau coba simak lagi. yang penting sih itu tadi bokap gue bilang yang penting sih 'niat dari diri sendiri, kamu bilang kamu bisa ya bisa'. danke schoen mein lieber Fatter :)

.annisaauliajustmine:)








2 komentar: