Rabu, 13 Juni 2012

Underestimate

Dulu, waktu gue sma, gue sering banget diremehin, baik diremehin sama temen sebaya atau sama orang dewasa. Tapi lebih sering sama orang dewasa sih. Mereka merasa bahwa mereka adalah yang tau segalanya, udah ngerasain semua rasa yang ada di kehidupan, pokoknya yang ngerasa udah ngelakuin semua di dunia deh. Dulu, kadang gue cuma iya-iya aja menanggapi sejuta alasan yang orang dewasa utarakan ketika gue mau menentukan pilihan, kadang ngebiarin omongan mereka juga sih, toh sama-sama manusia, bukan Tuhan, apa yang mereka tau seharusnya gue juga tau. Gue merasa, kenapa pendapat gue harus diremehkan? Toh pemikiran gue ga jauh beda sama mereka, tapi ternyata...

Gue tau sekarang jawabannya, kenapa orang dewasa seringkali meremehkan anak muda.

Posting kali ini 'fresh from the oven', langsung gue tuangin dalam tulisan tanpa perlu nunggu beberapa hari buat gue utarain. Tulisan kali ini dibuat setelah gue mengalami kejadian yang baru aja gue rasain. Beberapa menit yang lalu, gue baru aja nyelesein ujian masuk universitas negri, entah sial atau beruntung, gue dapet lokasi ujian di kampus sendiri. Udah ga usah tanya kenapa gue ikut ujian lagi.

Di ujian hari pertama kemarin, seperti biasa, gue yang ceroboh salah masuk ruangan ujian, sebelumnya gue juga lupa bawa pensil dan papan jalan, emang kebiasaan -___-. Akhirnya setelah salah masuk ruang ujian, gue cari ruang ujian gue yang sebenarnya, dan ketemu. Gue kira udah boleh masuk ruangan, ternyata belum, yaudah gue cari anak terdekat yang ruangannya sama buat gue ajak ngobrol. Orang yang terdekat dari gue adalah anak laki-laki yang pake baju batik sambil dengerin headset. Yah buat basa-basi gue tanya aja udah masuk apa belom, la la la, pertanyaan standar lah. Dia salah satu anak dari angkatan 2012 yang umurnya beda satu tahun dari gue tapi beda 2 tahun secara akademis. 

Selepas ujian sesi 1 di hari pertama, anak itu ngambil tasnya dan langsung ngehampirin gue nanya, "kantin dimana ya?" yaudah gue tunjukkin dan dia minta anterin. Yasudahlah gue anterin aja, mumpung lagi istirahat juga. Gue yang udah sarapan di kostan, ya ga makan lagi, cuma duduk aja ngeliatin dia makan. Lalu kami berbincang ngalor ngidul. Waktu udah mau jam-jamnya kita harus masuk lagi, ya kita bergegas buat balik ke kelas. Sambil nunggu, kita duduk di depan kelas sambil ngobrol lagi. Yang gajelasnya adalah dia tiba-tiba ngomongin kriteria cewek yang baik menurut dia, pengalaman pacaran dia, menurut gue sih berbagai masalah hal privat kayak gitu sama orang baru sih kurang etis aja. Iya ga sih? Gue sih agak risih, karena omongannya menjurus-jurus banget, pokoknya malesin lah. Lalu masuklah ujian sesi 2. 

Selepas sesi 2, gue ga ada tujuan selain balik ke kosan dan makan. Tadinya kami jalan bareng ke arah halte bis, eeh tiba-tiba dia ilang aja gitu. Ckckck, hal yang ga dewasa kedua adalah meninggalkan orang yang baru dikenal tanpa pamit, agak ga sopan sih menurut gue. Kemudian, malamnya dia sms dengan singkatan-singkatan yang gabisa gue pahami. Duh ga ngerti deh pokoknya. Dan akhirnya ujian hari terakhir (tadi) tiba-tiba dia sms minta foto gue, lah buat apa pula? buat nakut-nakutin tikus? Ini nih, ga dewasa banget lah ya pemikiran begini. Kalo bahasa nyokap gue itu 'sak dek, sak nyet', yang diliat saat itu, ya itu. Yah gitu lah pokoknya. 

Dengan adanya kejadian yang gue alamin barusan, gue jadi mikir, berarti dulu orang dewasa ngeliat anak muda yah seperti sudut pandang gue buat ngeliat anak tadi. Jadi mikir kok ga dewasa banget ya, tapi mungkin menurut sudut pandang dia hal ini biasa aja dan ga masalah kok. Tapi gue sih yakin, hal-hal begini, pasti bisa berubah seiring lingkungan yang mendukung seseorang menjadi lebih dewasa. Memang sih ga ada kebenaran yang mutlak dan memaksakan sudut pandang kita kepada orang lain, setidaknya sebelum bertindak pikirkanlah sudut pandang yang mungkin dilihat dari sudut orang lain.

.annisaauliajustmine

2 komentar:

  1. wkwkwkwk, ciyee ada junior yang naksiir~

    ngambil apaan nih snmptn nis?
    gut luck yaa. :)

    BalasHapus
  2. hahaha, terlalu dini untuk menyimpulkan dia naksir dan, gelagatnya aneh lah pokoknya haha.

    iyanih, ga mau terlalu arogan ambil hi lagi, jadi turunin grade ke psiko/hukum. Makasih yaa, doain juga yaaa semoga tembus, nanti jadi junior lo deh haha.

    BalasHapus