Minggu, 24 Juni 2012

Was ist los?


Rute dari rumah gue ke kampus sebenernya ga begitu jauh. Kalo bawa kendaraan lewat jalur pintas, 40 menitan gue bisa sampe, tapi kalo naik angkutan jangan harap 40 menit sampe, biasanya pas macet baru bisa sampe kalo udah 2 jam di jalan. Yah jelaslah, rute angkutan biasa kan harus muter dan ngelewatin tempat biang macet.

Jika ga lagi diburu waktu, biasanya gue menikmati perjalanan gue di atas angkutan. Banyak yang bisa gue pelajari dari setiap perjalanan, secara ga sadar aja gitu. 

Di lampu merah pasar rebo- iya yang banyak pedagang buah itu, ada beberapa pengamen cilik yang rutin ngamen. Setiap pergantian lampu hijau ke lampu merah, mereka mulai beraksi, jalan ke arah angkutan-angkutan yang berhenti. Sepengelihatan tau sepengetahuan gue, gue cuma sering liat 2 anak kecil yang masih ciliiiiiik banget. Mereka sekitar umur 3-4 tahun atau mungkin 5 tahun, pokoknya kecil banget deh badannya, udah gitu rambut mereka udah ga hitam lagi, tapi coklat hasil kena sinar matahari tiap hari. Di dalam angkutan dia ngebagi-bagaiin amplop yang selalu dipake di tiap aksinya, keliatan dari warnanya yang udah kusam. Ga semua yang duduk di angkutan mau nerima ampol dari dia. Biasanya, kalo yang mau dikasih amplop sedikit, dia bakal ambil lagi dan balik, kemudian cari angkot lain yang berpotensi menghasilkan banyak. Diatas angkot itu dia cuma nyanyi nyanyi ngasal diiringi musik dari beras yang di masukin ke botol dan dikecrek. Biasanya, lagunya tuh lagu cinta-cintaan gitu. Duh pokoknya sedih banget lah liat kondisi si anak-anak ini. Menurut ibu-ibu penumpang angkot yang juga gue naikin, katanya ibunya sia anak pengamen tadi tuh nungguin di deket lampu merah, nunggu hasil yang dibawa sama anaknya. Miris banget deh. Rasanya pengen berbuat sesuatu, tapi apa? Gue cuma bisa mandangin aja dan action dengan ga pernah ngasih uang ke anak itu, karena semakin sering kita kasih dia, maka ibunya bakal mikir dia bisa ngedatengin uang, jadinya ibunya makin males, dan si anak bakal disuruh terus ngamen. Kan kasihan :(

Lain umur lain juga ceritanya. Kalo yang tadi miris liat anak kecil, gue juga sering sedih liat orang yang udah tua. Beberapa kali dalam perjalanan sendiri, gue nangis cuma gara-gara ngeliat kakek-kakek sendirian naik bis. Duh, sumpah deh paling gabisa liat yang begini. Kalo liat hal begini, gue selalu mikir "Anaknya kemana ya? Kok orang tuanya udah tua banget begini masih dibolehin pergi sendiri? Ga takut orang tuanya nyasar dan ga bisa balik ke rumah? Bisa-bisanya tega gitu!" Gue tau, tiap orang punya urusannya masing-masing, tapi untuk orang tua, no excuse lah. Kadang, badan mereka udah bergetar-getar, apalagi kalo mau ambil ongkos di saku, atau mau turun dan naik. Aduh, bener-bener deh ga kuat kalo liat, makanya suka secara ga sadar gue nangis ngebayanginnya. Gue juga ga ngerti kenapa ga bisa ditahan, kan malu kalo diliat sama penumpang lain -_-.

Belom lagi, mbak-mbak atau mas-mas, ibu-ibu atau anak kecil yang suka bawa jajanan dan sambil makan minum di angkutan. Boleh-boleh aja sih, ga ada yang ngelarang makan minum disitu, tapi mbok ya sampah sisanya itu jangan dilempar ke jalan atau ditaro dibawah kursi. Bisa kan disimpen dulu sampahnya di tas atau di saku? Nah, nanti kalo udah sampe tujuan kan bisa dibuang ke tong sampah. Cuma sesimple itu aja kok. Sampah yang dibuang mungkin emang ga besar dan banyak, tapi bayangin aja, kalo tiap hari kayak gitu, ya lama lama numpuk dan banyak juga kan? Heeeh, budaya bersih itu susah ya diterapin.

Entah perubahan macam apa yang bisa gue buat untuk bisa memperbaiki beberapa ketimpangan yang sering gue liat sehari-hari ini. Miris? Pasti. Sedih? Apalagi. 

.annisaauliajustmine


3 komentar:

  1. Yang ketiga itu tuh (buang sampah sembarangan) itu bikin gue semacam jadi "malu" dan gak betah lama2 di Indonesia, sekalipun gk smua orang Indonesia kayak gitu sih... -__-a
    Terus paling males juga lihat pengamen/pengemis yg masih sehat segar semacam bisa cari kerja yang lain tapi ini nggak malah minta2 orang, apalagi kalo ketauan akhirnya uangnya buat beli rokok/miras... jd males -__-a

    BalasHapus
  2. Iya clar, susah ya ngebudayain buang sampah yang bener. Katanya bosen banjir mulu, padahal yang bikin banjir dirinya sendiri -,-

    Males sih mau ngasih juga pengamen sama pengemis yang begitu, tapi kadang suka maksa, takut diapa-apain -..-

    BalasHapus
  3. jadi bersyukur ya aul kita ngga perlu berkeliaran di jalan buat nyari makan

    BalasHapus