Rabu, 07 November 2012

Mainkan peranmu


Beberapa minggu lalu, karena ada beberapa keperluan gue ngejemput nyokap gue di kantor. Dari arah kantor mama yang ada di daerah Jakarta Selatan, kita langsung pergi ke arah jalan pulang. Tadinya mau ada urusan dulu, tapi karena ada kebakaran di sana, jadi ga jadi deh.

 Di arah jalan pulang, mama memutuskan untuk mampir di salah satu toko buah yang cukup terkenal di bilangan Cibubur. Tapi karena udah waktu maghrib, gue langsung cari tempat untuk solat dulu. Mama bilang, parkir aja di toko buah terus kamu solat di sana, mushola kecil di sampingnya. Beberapa kali gue pernah solat di situ. Dengan alasan kalau pulang ke rumah, waktu sholat maghribnya udah abis. 

Untuk detail namanya gue lupa, yang jelas mushola kecil ini posisinya ada di samping toko buah besar dan persis di seberang gerbang utama Citra grand. Ukuran musholanya kecil, tapi bersih banget. Dulu cuma ada satu toilet dan satu tempat wudhu, jadi dicampur untuk laki-laki dan perempuan. Tapi pengurus musholanya tuh hebat banget deh, bisa menghidupkan suasana nyaman di dalamnya. Belum lama ini ada perombakan, jadi ada sekat sehingga sekarang ada 2 tempat wudhu dan toilet di sana. Meskipun areanya terbatas, yang penting laki-laki dan perempuan bisa dipisah. Semuanya bersih, mulai dari toilet, tempat wudhu, ruang sholat, hijab antara laki-laki-perempuan, begitu juga mukenanya. Biasanya di mushola lain kebersian kurang terjaga, mukenanya pun banyak yang bau apek. Tapi yakin deh, hal-hal kayak gitu ga akan ditemuin di mushola ini. 

Itulah yang membuat mengapa mushola ini ramai pengunjungnya. Mulai dari tukang somay, supir, karyawan, pokoknya berbagai lapisan ada. Meskipun letaknya yang di pinggir jalan membuat area parkir sempit, tapi yang parkir di sana adaaa aja, dari gerobak somay, sampai mobil ratusan juta. Yang menarik dari mushola ini, ia kecil tapi bisa bermanfaat bagi orang banyak, karena suasananya yang nyaman. Untuk memberikan manfaat bagi orang sekitar ternyata ga perlu menjadi sesuatu yang megah atau besar. Mushola ini memainkan perannya dengan sangat baik. Tidak perlu menjadi mesjid besar nan mewah untuk menjaring banyak orang untuk beribadah. Dengan kemampuannya yang tidak banyak karena keterbatasan, ia mampu menebar begitu banyak manfaat bagi khalayak ramai.

Jadi yang bisa diaplikasikan ke dalam hidup kita dari refleksi mushola kecil ini adalah "Mainkan dan maksimalkan peranmu". Meskipun peranmu kecil, tapi itu bisa membawa manfaat bagi orang lain. Jadi jangan berkecil hati, sekecil apapun peranmu, pasti berimplikasi bagi orang lain.


.annisaauliajustmine

2 komentar: