Selasa, 11 Desember 2012

Recapitulation

Hari ini udah tanggal 11 Desember 2012. Bulan desember selalu jadi waktu yang tepat untuk introspeksi diri, yaa meskipun introspeksi bisa dilakuin kapan aja. Semacam mau membuat kaleidoscop hidup, udah melakukan hal apa aja selama hampir satu tahun ini. Yang jelas tahun ini adalah tahun terjadinya hal-hal besar yang berhasil membuat diriku banyak berbeda dari aku yang sebelumnya.

Januari 
Banyak hal yang terjadi di awal 2012. Di bulan ini emosiku semacam diajak pergi ke dufan untuk naik halilintar, histeria atau wahana lain yang membuat perasaan hati ga karuan. Di januari aku harus ikhlas menerima hasil ujian yang amat sangat tidak bersahabat. Hasil yang ga setimpal dengan usaha yang sudah dikeluarkan. Tapi yaa sudahlah, Allah ga akan ngasih cobaan yang mana hambanya ga sanggup menjalaninya. Something happened for a reason. Pasti ada hikmah di balik semua yang sudah Dia beri. 

Di bulan ini juga aku resmi berumur 19 tahun. Memang masih belasan, tapi sudah waktunya untuk jadi lebih dewasa. 

Februari
Di bulan ini aku sedang sibuk menata hati. Memantapkan diri untuk tetap bertahan di jurusan. Memberi janji manis pada diri untuk segera ditunaikan. Sedang berusaha keras mengumpulkan kembali kepercayaan diri yang sudah runtuh.

Di saat gundah maksimal Allah memberi kabar yang luar biasa indah. Dia mengundang kami sekeluarga untuk bertamu ke rumah-Nya. Alhamdulillah mama papa ada rezeki untuk memenuhi rasa rindu kami akan Baitullah. Di akhir februari kami berempat pergi umroh. Momentnya tepat, di saat hati butuh bimbingan, Allah datang memeluk. Umroh banyak mengubah diriku. 

Maret
Selepas kabar tidak baik di perkuliahan semesta semacam menarik diriku dari pusaran hidup. Serasa tak punya teman. Apalagi ditambah izin umroh, 10 hari tak berinteraksi membuatku tertarik semakin jauh dari lingkaran pertemanan. Tidak ada perkembangan diri yang berarti di bulan ini. Hanya hati yang mulai ikhlas. Semuanya berjalan biasa. Hati masih sakit, tapi dilawan dengan mencoba menikmati rutinitas baru. Rutinitas yang penuh dengan mata kuliah pilihan yang sama sekali ga ada hubungannya sama jurusan.

April 
Mendengar kabar seorang junior waktu sd meninggal membuatku sadar, masalah-yang seharusnya tidak jadi masalah itu menghambat performa  diri. Mulai bangkit, mencari kegiatan lain yang positif. Bulan ini aku ikut berpartisipasi menjadi volunteer Earth Hour 2012.

Mei
Setelah mendapat pencerahan saat umroh, aku mulai terpikir dan yakin untuk pindah jurusan. Bulan ini masanya galau permohonan izin ke papa untuk pindah jurusan. Karena beliau tidak menghendaki keinginanku untuk pindah, beliau mau aku jalani dua jurusan. Berat.

Juni
Mulai disibukkan dengan UAS dan ujian SNMPTN. Hasil UAS yang biasa aja dan perjuangan SNMPTN dan SIMAK yang gila-gilaan karena persiapan belajarnya ditumpuk sama belajar UAS ._. Di bulan ini aku memutuskan untuk postpone les Jeman di Goethe, mau fokus ujian biar bisa tembus. Dua minggu akhir liburan UAS tiba, ketika yang lain asik liburan, aku mulai persiapan 'perang'  SIMAK. Bulan sibuk. 

Juli
Bulan penuh kejutan. Di bulan ini perang, di bulan ini juga diberi kemenangan. Alhamdulillah setelah babak belur di enam bulan sebelumnya, Allah memberi hadiah yang luar biasa. Oke ini lebay. Tapi ini seperti jawaban dari permintaanku waktu umroh. Aku mohon petunjuk untuk kelanjutan studiku. Dan jawabannya adalah Psikologi UI. Alhamdulillah wa syukurillah.

Agustus
Lebaran. Urus pindah jurusan. Awal kepengurusan menjadi Duta Muda. Dan adaptasi di lingkungan baru. Menarik. 

September 
Masih mencoba beradaptasi. Bertemu dengan teman-teman yang juga veteran, banyak ilmu baru yang didapat. Datang ke upacara wisuda kakak-kakak senior. Jadi terinspirasi untuk cepat lulus, setidaknya tiga tahun.

Oktober
Mulai terbiasa dengan hidup di jurusan baru. Tapi hati masih gabisa bohong sih kalo masih sering ngerasa sendiri dan terasing, ga apa lah yang penting kan semangat belajarnya to. 

November
Masih berkutat di kegiatan perkuliahan yang mulai padat, tugas-tugas yang siap menggilas dan kegiatan komunitas yang kadang menuntut perhatian. Tapi semua capeknya hilang dengan liburan. Senang :)

Desember
Bulan ini akan ada proyek besar dari komunitasku, nama acaranya "Grand Launching Hijabers UI", akan dilaksanakan tanggal 22, sehari setelah ultah iqbal. Dalam itungan hari pun akan ada UAS. Semoga semuanya berjalan lancar dan memuaskan.

Galau yang selalu hadir di bulan ini adalah pergantian tahun kemudian berganti ke Januari lagi. 

Nah begitulah kurang lebih hal-hal yang terjadi selama 11 bulan lebih ini. Dalam jangka waktu sekian lama lumayan banyak perubahan yang terjadi. Asal perubahannya ke arah positif ya ga apa :)

"It only takes one person to change your life: you."
— Ruth Casey

Sekarang masih ada sisa 20 hari lagi sebelum memulai tahun yang baru, semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Aamiin.


.annisaauliajustmine

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar