Selasa, 27 Oktober 2009

Tradisi yang aneh -.-

Barusan aja gw abis liat salah satu tradisi Jawa kuno yang yah well cukup aneh dan sangat aneh

Jadi gini, barusan pakde gw yang dari depok dateng ke solo tapi barusan juga uda pulang sih haha, hari jumat besok kalo ga salah sih tanggal 30/31 gtu deh pakde gw ini mo pergi haji. Karena pakde gw itu mau pergi haji makanya dia mau pulang dulu ke solo pamit sama eyang gw, dan disinilah kejanggalan- kejanggalan mulai terihat.
Waktu pakde gw mau pulang, tiba" pakde gw yang satu lagi nge gelar karpet dideket eyang gw dan langsung nutup pintu depan rumah. Gw kan bgung ga ngerti mo ngapain sih nih? gw nanya ga ada yang jawab. Terus eyang gw tuh kaya ngelakuin ritual aneh" gtu, gini nih tahap"nya :
  1. Eyang gw terlihat komat-kamit, ga ngerti sih dia ngomong apaan
  2. Terus abis komat-kamit geje gitu eyang gw nginjek" bumi gitu sekitar 3x
  3. Eh tiba" eyang gw ngangkat kainnya (tau kan lo eyang-eyang gtu pada pake kain gtu) dan terlihatlah kaki eyang gw yang putiiiiiiiiiiiih banget, yes she's takes care her body very well
  4. Semuanya pada ngomong amin, amin gtu, huoh ternyata tadi tuh eyang gw komat-kamit baca doa hehe
  5. Laluu pakde gw yang mau pergi haji tadi langsung ambil posisi kaya anak bayi ngerangkak gtu
  6. And what! Masuk aja gitu pakde gw ngelewatin kaki" eyang gw! shock seketika gw ngeliat itu pemandangan, ckckck aneh banget
  7. Gw kira cuma sekali aja puteran aja ini ritual, ga taunya pakde gw disuruh ngelewatin lagi itu kaki" eyang gw sampe 3x bolak-balik. Beh mabok aja tuh kalo gw disuruh begitu
  8. Abis itu uda deh pada salam"an gitu sama pakde gw
What on earth! Masih ada aja yah yang begitu-begitu? Kadang sih gw ga abis mikir orang-orang Indonesia yang jaman-jaman dulu itu ko bisa aja gitu nyiptain kebiasaan-kebiasaan yang aneh gitu. Ckckckck kreatif banget yaa.

Speaking of creative, gw jadi mikir apa jadinya ya kalo orang-orang yang hidup di jaman sekarang dipindah posisinya sama orang-orang purba jaman baheula? Hahaha ga kebayang banget kali ya. Orang" purba dijamin bakalan kegirangan kalo hidup di jaman metro begini, and in the other side, kita dijamin bakal kelabakan hidup di jaman purba yang serba limited. Disaat orang-orang purba kegirangan nyobain microwave karena langsung bisa buat makanan seketika, orang-orang masa kini sedang membuat tangan mereka sendiri berdarah-darah karena lagi buat api dari batu.

Ko kedengerannya ga adil ya? Yah thats live we're never know what happen in the future haha maka bersyukurlah anda berlahir bukan di jaman purba :p

see ya!
.annisauliajustmine:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar