Selasa, 11 Juni 2013

I CARE, WE CARE. DO YOU?

Woohoo. UAS sudah selesai, tinggal tunggu hasilnya semoga sesuai. Tak seperti liburan tiga bulan biasanya. Biasanya selepas UAS gue langsung ngabur mencari best place to escape dari rutinitas. Tapi kali ini beda, gue menghabiskan minggu-minggu awal liburan dengan 'main-main' ke kampus tiap hari, maksudnya rapat. Hampir tiap hari rapat bersama teman-teman PI/BPH We Care yang sepertinya tiap hari makin care satu sama lain, uuu *pukulpukulmanja*

Jadi We Care itu apasih, Nis?

We Care adalah salah satu program kerja Departemen Pengabdian Mayarakat BEM Psikologi UI, yang tahun ini mengusung tema besar "Kesehatan Jiwa". Jika di departemen sosial politik sibuk dengan acara simposium yang memperjuangkan undang-undang kesehatan jiwa, kalau kami justru fokus pada kesehatan jiwa para lansia veteran yang masih jarang menjadi topik bahasan. We Care merupakan wujud nyata kepedulian kami terhadap lansia veteran. Sebagai para mahasiswa, kami merasa semua yang kami dapatkan sekarang, ini semua merupakan hasil jerih payah para pejuang di masa lalu. Kita semua merasakan manisnya hasil perjuangan mereka, namun upaya kerasnya saat berjuang dulu masih kurang dihargai. Maka melalui acara ini, kami berupaya untuk memperhatikan kesejahteraan jiwa para lansia veteran :)

Selain penjabaran tadi, gue juga mau kasih tau kalo kegiatan We Care ini juga merupakan virus. Virus apakah itu? Kami mencoba menularkan virus-virus kepedulian bagi orang lain. Semoga dengan adanya We Care 2013 bisa menularkan virus kepedulian bagi orang banyak yang memiliki ide atau ingin bergerak untuk lebih peduli terhadap veteran. Semoga kamu ketularan ya :")

Program ini dilaksanakan atas kerja sama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Depok dan Sahabat Veteran.We Care terdiri dari dua rangkaian acara. Acara pertama adalah kunjungan ke rumah-rumah lansia veteran di daerah Depok, tepatnya besok Rabu tanggal 12 Juni 2013. Kunjungan ini dilakukan oleh 30 orang volunteer ke 10 rumah lansia veteran yang pra-sejahtera. Dalam kunjungan ini volunteer akan mendapatkan kesan yang mendalam dan bisa tahu persis seperti apa kehidupan para veteran saat ini. Tak cuma itu, volunteer juga bisa mendengar langsung cerita-cerita perjuangan dari eyang-eyang veteran yang merupakan narasumber yang akurat nan terpercaya, karena mereka mengalami sendiri seperti apa perjuangn di masa lalu. 

Nah, untuk acara kedua atau acara puncaknya diselenggarakan hari Sabtu tanggal 15 Juni 2013. Akan ada Talkshow yang akan mengulas tentang kesejahteraan jiwa pada lansia yang akan disampaikan oleh dosen psikologi yang expert mengenai lansia. Selain itu juga dalam acara akan ada pemeriksaan kesehatan gratis berupa tes gula darah, asam urat dan kolesterol. Pemeriksaan gratis ini dilaksanakan atas kerjasama oleh NUFA dari FIK UI. Semua yang kami lakukan ini adalah upaya untuk menghadirkan sedikit kebahagiaan yang bisa kami berikan melalui senyuman, because happiness begins with a single smile :) Oh iya gue lupa kasih tau tagline acara We Care, jadi tagline nya itu
I CARE, YOU CARE, WE CARE! 
#DOYOU?
Go check our website and timeline for further information.


.annisaauliajustmine

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar